Mengapa Kucing Suka Menjilat Rambut Manusia?

Kita pernah bahas sebelumnya, soal lidah kucing yang memiliki papila, duri-duri kecil yang berada di permukaan lidah yang memampukan kucing merawat dirinya sendiri. Pertanyaannya, mengapa kucing suka menjilat rambut manusia? 



Baca juga: Manfaat Memelihara Kucing

Di Rumah Ronin, dulu yang paling gemar menjilati rambut manusia adalah Temong. Sejak itu belum ada lagi. Ada beberapa, tapi tak seintens Temong. Tak ada masalah kesehatan tertentu, dan tak ada dampak yang ditimbulkan. 


FFCP-trainer dan pemilik Caring Behavior Animal Behavior Consulting Amelia Wieber, seperti dikutip Kompas mengatakan, hal itu adalah hal biasa. Tapi, apa, sih, sebetulnya maksudnya kucing? Menurut Wieber, jilatan kucing itu dimaksudkan sebagai kepedulian kepada manusia. Jilatan tersebut sebagai ikatan yang coba kucing jalin dengan manusianya. Tak semua kucing membuat pilihan itu, misalnya hanya jilat-jilat anggota tubuh manusia lainnya, bukan spesifik rambut. 


Khusus menjilat rambut ini ada istilah ilmiahnya, lo. Allogrooming. Kegiatan menjilat ini dilakukan kucing seputar area kepala dan leher. Kemungkinannya itu adalah salah satu cara kucing menunjukkan kasih sayang. 

Baca juga: Olivia Benson, Kucing Taylor Swift Terkaya Dunia

Beda halnya ketika acara menjilat rambut itu dilakukan pada malam hari atau sebelum jam makan, mereka hanya ingin mencuri perhatian kita. Mereka akan terus melakukan hal yang sama jika kita memberikan lampu hijau. 

Yang perlu menjadi perhatian adalah jika kucing menjilat dan menelan rambut manusianya. Karena tak ada enzim dalam usus kucing yang bisa mencerna komponen rambut manusia. Selain itu, jika kegiatan menjilat rambut ini dilakukan terus menerus, dikhawatirkan kucing tengah mengalami masalah kesehatan yang serius. Menurut Wieber ada kondisi kesehatan yang disebut pica. Pica ini merupakan perilaku kucing dalam mengunyah dan memakan benda tak bernutrisi. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu tumbuh kembang kucing. Salah satu penyebabnya adalah defisiensi nutrisi dan masalah kecemasan.



So, lakukan pengamatan, ya. Meski tingkah menjilat rambut manusia itu terlihat lucu, tapi ada potensi gangguan kesehatan yang perlud diwaspadai. Semoga tak bingung lagi dan bertanya-tanya, mengapa kucing suka menjilat rambut manusia. 

Baca juga: Yang Perlu Disiapkan Sebelum Memelihara Kucing

No comments