Lidah Kucing Ternyata Berduri! Apa, ya, Fungsinya?

Pernah dijilat kucing? Terasa, nggak, ada yang kasar-kasar di lidah kucing? Itu adalah kumpulan duri yang ada di permukaan lidah kucing. Jika dilihat dengan kaca pembesar, duri-duri tersebut berbentuk sendok yang jumlahnya ratusan. Duri di lidah kucing yang disebut papila itu terbuat dari keratin. Jadi, memang betul, lidah kucing itu berduri. Apa sebetulnya fungsinya? 



Baca juga: Chlamydia pada Kucing

Kucing di lidahnya banyak duri. Tapi mereka juga menjilati bulunya dengan lidah berdurinya itu. Apakah tak membuat bulunya tercabut ya? Memang begitulah cara mereka membersihkan diri. Ada beberapa fungsi lain dari duri tersebut. 


Peran Duri di Lidah Kucing

Kucing suka "mandi", atau istilahnya grooming, menjilati bulunya. Mereka bahkan menghabiskan seperempat waktu terjaganya untuk aktivitasnya tersebut. 



Mengutip National Geographic, duri kecil di lidah kucing bertugas mentransfer air liur dari mulut ke bulu. Air liur yang dikirim dalam jumlah besar itu selain membersihkan bulu hingga ke permukaan kulit, juga berfungsi menurunkan suhu tubuh bersamaan dengan air liur yang menguap. 

Baca juga: Peduli Terhadap Kucing Liar? Street Feeding Aja!

Seorang bioengineer di Georgia, David Hu menyebutkan, lidah kucing itu menyerupai sisir yang sangat canggih. Tak heran jika mampu menjaga kebersihan dirinya sendiri. Kucing adalah makhluk yang mandiri. Tentu saja, lidah menjadi salah organ tubuh kucing yang penting.  

Yang perlu menjadi perhatian para cat pawrents, jika kucing mengalami sakit dan memberikan dampak bagi lidahnya, fungsi lidah pun akan mengalami gangguan. Misalnya gangguan sakit itu berupa peradangan di lidah yang menyebabkan hilangnya papila. Jika kondisi sakit tersebut menyebabkan perubahan permanen, dan kucing kehilangan fungsi salah satu bagian penting tubuhnya itu, para cat pawrents sebaiknya memberikan perhatian ekstra. Karena mereka mengalami kesulitan merawat dirinya sendiri. 


No comments