Peduli Terhadap Kucing Liar? Street Feeding, Yuk!

Yang gemar melakukan street feeding, cung! Terima kasih, ya, kalian telah memberikan sedikit kegembiraan bagi kucing-kucing liar. Biarpun tak tiap hari, dan tak banyak, kepedulian itu pasti menyenangkan mereka. Ada yang belum pernah melakukan street feeding, tertarik, peduli terhadap kucing liar, tapi belum berani menjalaninya? Berikut Rumah Ronin membagikan tips melakukan street feeding.

Baca juga: Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum Adopsi Kucing?

Hal pertama yang perlu diingat adalah bahwa tak semua kucing jalanan yang familier dengan manusia. Bahkan bisa jadi sebagiannya ada yang mengalami trauma karena perilaku negatif manusia. Boro-boro mendekat, bisa jadi mereka akan kabur saat kita baru berinisitif memberikan mereka makanan. 


Apa sih Street Feeding?

Street feeding secara harfiah adalah kegiatan memberikan pakan kepada binatang liar di jalanan. Jalanan ini juga mewakili area publik yang lainnya. Intinya, untuk mereka yang tak punya rumah tinggal. Binatang liar yang disasar biasanya anjing dan kucing, karena dua makhluk ini yang cukup banyak kita temukan berkeliaran di jalanan. 

Sebagai binatang tak berpemilik, tak punya rumah tinggal, kondisi badan dan kesehatan mereka banyak yang tak baik. Kadang bahkan para pelaku street feeding membawa serta obat-obatan sekadar untuk pertolongan pertama.  



Street feeding ini dapat menjadi pilihan bagi orang yang peduli terhadap binatang tapi tak sanggup untuk merawat mereka di rumah. Atau tak punya waktu lebih untuk memberikan perhatian ekstra. Keinginan "berbagi" ini dapat disalurkan melalui street feeding. Konsepnya, berbagi tak harus memaksakan diri untuk membawa pulang dan memelihara dan merawat di rumah. Karena akan ada sekian konsekuensi yang mengikuti keputusan tersebut.

Baca juga: Tips Melakukan Perjalanan Bersama Kucing


Tips Melakukan Street Feeding

Jadikan makanan kucing sebagai bekal harian. Saat ini makanan kucing pabrikan dapat dengan mudah kita temukan. Pet shop ada di berbagai titik di kota. Bisa juga berbekal makanan rumahan kalau memang dirasa tak repot. Bawa dalam jumlah sesuai kebutuhan dan dana yang disiapkan. Apakah cukup setengah kilo, satu kilo, bebas. Bawa dalam kemasan yang tertutup rapat sehingga tidak melempem karena masuknya udara dalam kemasan. 



Tentukan lokasi. Ada kawasan-kawasan tertentu yang banyak dihuni kucing liar. Misalnya di pasar, pusat perbelanjaan, pusat jajanan, sekolah, dll. Kita bisa menyasar daerah-daerah tersebut. Jika tak memungkinkan, tak jadi soal. Kawasan yang dipilih bisa acak saja sesuai jalur yang kita lewati rutin.  

Sebaiknya pakai wadah atau tidak? Menyesuaikan saja. Kalau memang terburu-buru, tak soal meletakkan makanan kucing di area yang kering dan bersih. Atau dialasi daun yang kebetulan runtuh di area street feeding. Jika ingin menggunakan wadah, sebaiknya ditunggu. Jangan sampai kita menyisakan sampah di lingkungan orang lain. 

Baca juga: Bayi Kucing Oren itu Bernama Orin

Amati lingkungan lokasi street feeding. Jika kebetulan ada orang di lokasi, tak ada salahnya minta izin. Sekiranya orang di lokasi tersbeut menunjukkan keberatan, tak perlu memaksakan diri. Alih-alih ingin melakukan kebaikan bagi kucing liar, yang terjadi malah berkonflik dengan manusianya. Hati-hati, ya. Jangan sampai hubungan yang tak baik itu lantas berimbas kepada kucing liar. 

Pastikan pula lokasi street feeding cukup jauh dari jalan raya, dan aman dari gangguan lain. Jangan membahayakan kucing-kucing liar tersebut.

Lakukan komunikasi dan ajak interaksi. Mereka mengerti, lo, kalau kita ajak bicara. Mereka tahu kalau kita peduli. Kita bisa mengajak mereka bicara tentang apa pun, yang penting menunjukkan afeksi kita terhadap mereka. Berikan elusan ke kepalanya, ajak bermain, tapi pastikan mereka nyaman menerima itu. Jika tidak, bersiap untuk dicakar atau digigit.



Jaga kebersihan diriKita tak pernah tahu riwayat kesehatan kucing liar yang kita jumpai saat street feeding. Jenis gangguan kesehatan tertentu seperti penyakit kulit dapat dengan mudah menular kepada manusia. Pastikan untuk membersihkan tangan setelah berinteraksi dengan mereka. Cukup dengan hand sanitizer atau cuci tangan dengan sabun jika dibutuhkan. 

Baca juga: Manfaat Collar Katun dalam Perawatan Kucing

Ikut komunitasSudah banyak orang yang melakukan street feeding. Baik karena mereka sekadar ingin berbagi makanan, tak bisa berbagi rumah tinggal, atau memang mereka yang berlebih dan ingin berbagi untuk kucing-kucing liar. Artinya, sangat mungkin sudah ada komunitasnya di tempat kalian singgah atau tinggal. Bergabung dengan komunitas dapat lebih meningkatkan kepedulian bersama, saling mendukung, dan berbagi saran. 

Oke, ya. Jadi, kalau kamu punya kepedulian terhadap kucing liar, berbagi saja makanan kepada mereka. Lakukan dan ajak teman-temanmu.

No comments