Mengapa Induk Kucing Suka Memindahkan Anak-anaknya?

Siapa yang punya pengalaman melihat kucing di rumah bolak-balik memindahkan bayi-bayinya? Pemandangan itu nyaris dialami oleh semua cat pawrents. Tak jarang melihatnya sambil kebat-kebit sendiri, karena mereka pastinya nggak mau dibantu. Padahal mereka sudah disediakan tempat yang nyaman. Mengapa, sih, mereka, para induk kucing itu mesti memindahkan anak-anaknya?


Baca juga: Kucing Dijadikan Modus Penipuan di Hongkong

Bayangkan, bayi kucing umur sebulan digiwing ke sana-ke mari oleh induknya. Iya kalau cuma satu. Kalau empat, lima, enam, apa nggak was-was yang melihatnya. Apalagi lokasi pemindahan yang tak terjangkau dengan mudah oleh manusia. 


Jadi, apa sebetulnya alasan induk kucing memindahkan bayi-bayinya?

Merasa sudah tak aman lagi

Ketika akan melahirkan, kucing biasanya mencari tempat yang dia rasa aman. Meski sejak awal sudah diketahui manusia, bisa jadi mereka masih merasa tempatnya rahasia. Namun semakin menyadari kalau manusia sudah mengetahui lokasi penyimpanan para bayi, mereka mulai tak aman. 

Bukan hanya terhadap manusia, kekhawatiran induk kucing juga terhadap makhluk lain yang berpotensi sebagai predator. 

Baca juga: Book Sleeve atau Kantong Buku Produksi Rumah Ronin

Mangkok makan stainless steel


Tempat terlalu benderang

Induk kucing menyukai tempat yang tersembuyi. Sebisa mungkin yang tak terlihat. Maka kalau sang induk merasa tempatnya mengalami perubahan, misalnya pencahayaan. Tempat yang terlalu terang tak disukai induk kucing menyusui. Maka mereka akan memindahkan anak-anaknya. Begitu pula dengan suhu yang terlalu panas. 

Butuh sumber makanan yang lebih dekat

Kucing yang sedang menyusui membutuhkan pasokan makanan untuk tambahan energinya. Saat mereka merasa sumber makanan terdekat habis, maka mencarilah mereka lokasi baru yang berdekatan dengan sumber makanan. 

Tapi, bukannya kucing yang sudah dipelihara, segala sesuatunya sudah dijamin dan disediakan cat owner? Mereka masih memiliki naluri alamiah tersebut.

Baca juga: Tujuh Film tentang Kucing yang Wajib Tonton


Lalu, apakah ada cara untuk mencegah induk kucing memindahkan anak-anaknya?


Dengan melihat beberapa alasan di atas, pastikan saja:

  1. Lokasi kucing menyusui dan merawat bayi-bayinya cukup tertutup.
  2. Lokasi kucing menyusui tenang dan terhindar dari manusia dan binatang lain yang lalu-lalang.  
  3. Tempatnya memiliki suhu yang sesuai. Hangat saja, tak dingin, dan sebaliknya tidak panas. 
  4. Lokasi makanan dan minuman yang terjangkau dengan mudah.

Hammock kucing produksi Rumah Ronin

Kalau punya penjelasan lain, bisa  ditambahkan, ya. Semoga catatan ini cukup bermanfaat bagi yang baru memelihara kucing, dan bingung melihat kelakuan indukan kucing yang sibuk memindahkan anak-anaknya. 


No comments