Posisi Tidur Kucing yang Perlu Diwaspadai

Tidur merupakan salah satu kesukaan kucing. Tak heran kalau tiap-tiap kita mendapati anabul ini tidur dalam berbagai posisi. Pernahkah mengamati dengan cukup intens kebiasaan tidur masing-masing kucing di rumah? Karena ternyata ada alasannya, lo, kucing tidur dengan posisi tertentu.



Baca juga: Casper, Kucing Hantunya Rumah Ronin dan Gejala Chlamydia


Kucing menghabiskan waktu sekitar 12 hingga 16 jam setiap harinya untuk tidur. Pada umumnya mereka tidur di sepanjang siang, dan beraktivitas pada malam hari. 

Terkait dengan posisi tikur, situs The Discrening Cat membagikan 7 pose tidur yang menunjukkan ada kemungkinan kucing tengah tak sehat. Seperti apa sajakah itu?


Terlentang

Kucing tidur terlentang itu lucu, ya. Apalagi kalau badannya bulat aliat gendut. Pasti cat pawrents tergoda untuk nguwel-uwel perutnya. 

Ternyata tak semua posisi terlentang menunjukkan kenyamanan kucing. Bisa jadi kucing merasa terancam. Mereka tidur terlentang, tapi dengan cakar dan gigi yang siaga. Kalau ada tanda demikian, ada baiknya membawa mereka ke dokter hewan. Siapa tahu membutuhkan penanganan lebih lanjut.



Tengkurap

Kucing juga senang berbaring dengan posisi tengkurap atau dikenal dengan istilah splooting. Kucing melakukan ini biasanya setelah mereka berpanas-panas di bawah terik matahari. Selain itu, posisi ini menyamankan sendi pinggung mereka. 

Kita bisa bantu kucing agar merasa lebih nyaman dengan menambahi suasana adem misalnya dengan meletakkan kipas angin kecil di dekat mereka berbaring, atau memberinya alas yang adem. 

Baca juga: Mengapa Kucing Suka Menjilat Rambut Manusia?


Membulat seperti Bola

Saat cuaca dingin, inilah yang sering dilakukan kucing. Mereka menyelipkan paw dan kuping ke dalam lipatan tubuh yang melingkar untuk mendapatkan kehangatan. 

Jika kucing tidur dengan posisi ini, pastikan mereka baik-baik saja. Karena bisa jadi kucing tengah mengalami hipotermia. Amati penampakan mata dan bagaimana mereka bernapas. Jika mata rapat dan nafas dangkal, saatnya untuk membawa mereka periksa. Kondisi hipotermia mungkin jarang ditemukan di Indonesia yang bersuhu hangat. Tapi kemungkinan itu selalu ada, bukan?



Posisi Roti

Ada, ya, posisi roti 😁 Kucing sering melakukan ini saat tidur siang. Persisnya, mereka tengkurap, dengan paw dan ekor diselipkan di bawah perut. 

Hal yang perlu diwaspadai untuk posisi ini adalah kemungkinan kaki yang mengalami luka oleh berbagai sebab. Pastikan kaki dan paw aman untuk menghindari sakit lebih lanjut. 

Baca juga: Tujuh Film tentang Kucing yang Wajib Tonton


Tidur dengan Mata Terbuka

Ada yang tahu istilah unihemispheric slow-wave sleep? Nah, ini yang dilakukan kucing sebagai makhluk yang jenius. Dalam hal ini, hanya satu mata yang terbuka. Ini merupakan sifat alami mereka yang waspada sebagai pemburu. 

Hanya, waspadai kalau ada gejala lain. Satu mata terbuka tapi terlihat merah, dan bengkak. Apalagi kalau sampai mengeluarkan cairan. Periksakan segera ke dokter hewan langganan. 


Tidur dengan Kaki Terlentang

Kadang kucing tidur dengan posisi yang tetap siaga. Bisa jadi karena kondisi sekitar dirasa tak nyaman. Biasnya, posisi tidur mereka merentangkan cakarnya. Namun posisi ini juga sangat mungkin menunjukkan kucingsedang tak sehat. 



Posisi Meatloaf

Posisi meatloaf ini dengan mudah kita jumpai pada kucing yang sedang tidur. Punggung melengkung dengan cakar terselip di bawah, dan ekor melingkar mengikuti tubuh. Mereka terlihat lelap dengan dengkur lirih. 

Ya, ini posisi yang wajar dari tidur kucing. Tapi kalau ada yang aneh dengan pernapasannya, hati-hati. Apakah napasnya pendek-pendek atau tidak teratur. Jika iya, waspada. 

So, kucing tidur dengan berbagai pose memang hal yang lumrah. Namun jika ada yang tak wajar di antara poses-pose tidur itu, pastikan mereka baik-baik saja.

No comments