Bastet, Sang Dewi Kucing di Mesir Kuno

Orang Mesir Kuno memuja kucing. Fakta tersebut dapat ditemukan di berbagai catatan sejarah. Begitu pun artefak yang menunjukkan betapa mereka menghormati sekaligus menyayangi kucing. Dewi yang kemudian melekat pada sosok kucing adalah Bastet. 

Baca juga: Berapa Usia Harapan Hidup Kucing?

Bastet merupakan salah satu dewi pelindung terpenting dalam jajaran dewa yang disembah masyarakat Mesir Kuno. Ia adalah dewi yang berwujud setengah manusia dan kucing.

Sebetulnya dalam beberapa masa, Bastet mengalami perubahan bentuk. Awalnya, ia adalah dewi berkepala singa. Seorang dewi pelindung. Pada tahun 1070 hingga 712 SM, dewi ini digambarkan lebih menyerupai kucing domestik. Bukan lagi singa betina liar. Namun hal itu tak berlaku di semua wilayah. Di Delta Nil, ia tetap digambarkan sebagai dewi yang ganas. Sedangkan di sebagian besar Mesir, Bastet lebih dihubungkan dengan hewan peliharaan yang karakternya lebih tenang, sebagaimana halnya kucing rumahan.

Lysine murni bisa dibelanja di Tokopedia

Bastet merupakan pelindung semua komponen, baik rakyat, penguasa, bahkan dewa. Ia menjadi pelindung dewa matahari Ra, yang dianggap sebagai bentuk ketuhanan raja. Hal tersebut menjadikannya sebagai dewi matahari. Karena kucing adalah binatang nokturnal, Bastet juga terhubung dengan bulan. 

Baca juga: Posisi Tidur Kucing yang Harus Diwaspadai

Namun, di sebagian besar Mesir, Bastet terus lebih terhubung dengan hewan peliharaan daripada sepupu liar mereka. Bastet selalu menjadi dewi pelindung, tetapi dia mengambil karakteristik yang lebih tenang dan mengasuh saat dia semakin diasosiasikan dengan kucing rumahan.

Hammock kucing bisa dibelanja di Shopee

Fungsi Bastet pun, seiring waktu mengalami perubahan. Ia tak hanya memberikan perlindungan secara fisik, namun juga pelindung dari penyakit dan binatang berbahaya. Misalnya perlindungan kucing akan ular berbisa. Atau kucing dalam menghadapi binatang hama. Berikutnya, Bastet dikaitkan pula dengan salep pelindung dan  obat-obatan. 

Baca juga: Ingin Memilihara Kucing? Adopsi, Jangan Membeli

Demikianlah, kisah sang dewi kucing dari Mesir Kuno. Bagi yang percaya, boleh juga tuh menyerahkan perlindungan pasukan kucing ke sang dewi. 

No comments