Berapa Usia Harapan Hidup Kucing?

Banyak orang yang menghindari memelihara kucing karena usia hidupnya yang pendek. Padahal, seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan di berbagai lini kehidupan, usia harapan hidup kucing pun mengalami peningkatan.


Baca juga: Biaya Pengobatan Kucing

Bagi sebagian orang, kehilangan seringkali terasa mengerikan. Sebisa mungkin dihindari. Terlebih peristiwa kematian, yang tak bisa ditolak. Padahal, dengan tidak mau memelihara artinya kehilangan kesempatan mendapatkan limpahan cinta dari mereka lho!

Mungkin kucing tak memberikan perhatian dan kasih sayang seperti anjing, yang sangat atraktif dan terbuka. Tapi kucing memberikan cintanya dengan cara mereka sendiri. Bagi para bucing aka budak kucing, sudah tahulah ya artinya pengabdian untuk mendapatkan cinta yang 'tak biasa' dari pasukan bulunya itu? Pengorbanan apa pun tak ada artinyalah pokoknya dibandingkan cinta yang mereka peroleh. Sepakat ngga, wahai para bucing? 😉

Nah, bicara soal usia harapan hidup, berapa sih sebetulnya batas maksimal usia kucing? Bagaimana juga perbandingannya dengan manusia?

Banyak referensi yang menuliskan tentang usia kucing ini. Saya coba ambilkan salah satunya dari situsnya catcare4life.


Baca juga: Adopsi Kucing Yuk

Kitten

Istilah kitten diberikan kepada kucing usia 0-6 bulan. Usia 0-1 bulan kitten sejajar dengan 0-1 tahun usia bayi manusia. Sedangkan mulai usia 2 bulan hingga 7 bulan, dilakukan penambahan 2 tahun untuk setiap bulannya jika dibandingkan usia manusia. Usia terakhir 6 bulan sejajar dengan  10 tahun usia manusia.


Junior

Istilah junior diperuntukkan bagi kucing usia 7 bulan hingga 2 tahun. Jika disejajarkan dengan manusia, usia 7 bulan sama dengan 12 tahun manusia, dan 2 tahun kucing sejajar dengan 24 tahun usia manusia. 


Adult

Usia 3 hingga 6 tahun masuk dalam kategori adult. Usia 3 tahun sejajar dengan 28 tahun, sedangkan 6 tahun kucing lebih kurang sama dengan 40 tahun manusia.

Baca juga: Merawat Bayi Kucing


Mature

Pada masa ini, kucing sudah mulai masuk usia jelang tua. Usia 7 tahun sebanding dengan 44 tahun usia manusia. Sedangkan usia 10 tahun sejajar dengan 56 tahun.


Senior

Yang masuk kategori senior adalah kucing pada usia 11 hingga 14 tahun. Jika disejajarkan dengan usia manusia, kategori senior ada pada jarak usia  60 hingga 72 tahun.

Tante Jova, keluarga Rumah Ronin


Super Senior

Jika kucing bisa tiba di kategori ini, artinya bonus. Karena jarang kucing bisa memasuki usia di atas 15 tahun. Yup, yang masuk kategori senior adalah kucing dengan usia di atas 15 tahun.

Oma Bolang, kucing keluarga Haidi Hapsari, Semarang


Apa yang menjadikan kucing panjang umur?

Banyak faktor tentu saja. Selain perkara takdir, usia kucing dipengaruhi antara lain oleh lingkungan, pemeliharaan, dan dukungan kesehatan. Yang terakhir disebutkan termasuk dengan sterilisasi atau pemandulan kucing. Sterilisasi mengurangi risiko terganggunya sistem reproduksi kucing pada usia tua. 

Dengan berbagai perkembangan teknologi yang meliputi kemajuan medis, usia harapan kucing pun mengalami peningkatan. Termasuk dengan aneka pilihan makanan dan obat-obatan, suplemen, dan vitamin. Sejumlah survei menunjukkan, di masa kini, usia harapan kucing rata-rata adalah 15,1 tahun.

Baca juga: Berkenalan dengan Kucing Raas

Jadi, bagaimana...siap menjadikan kucing sebagai bagian dari keluarga?

No comments