Berkenalan dengan Kucing Norwegian Forest

Kalau ada yang menyebut kucing Norwegian Forest atau Norwegian Forest Cat (NFC), pastilah yang langsung terbayang adalah sosok kucing besar dengan bulu panjang, halus, dan lebat. Kucing, yang sesuai namanya, berasal dari Norwegia ini dipelihara pecinta kucing di berbagai belahan dunia. Seperti apa persisnya sifat kucing cakep ini? Yuk, kita berkenalan.



Baca juga: Tombili, Kucing Kesayangan Turki

Banyak yang meyakini kucing NFC masih berkerabat dengan dua kucing berukuran besar lainnya, yakni Maine coon dan Siberian Cat. Mereka dikenal sebagai kucing-kucing besar tapi tenang dan ramah. 

Mengutip Mental Floss dan My Animals, ini dia beberapa fakta tentang kucing Norwegian forest.   

Secara fisik NFC memiliki ukuran yang sangat besar. Jika kucing domestik atau sejumlah kucing ras lainnya hanya berukuran kisaran panjang badan 46 sentimeter (tanpa ekor) dan berat badan rata-rata 3 hingga 5 kilogram, NFC bisa mencapai panjang badan hingga 100 sentimeter atau 1 meter. Berat badannya kisaran 8 kilogram untuk betina dan 9 kilogram untuk jantan.

Hammock kucing dapat dibelanja di Tokopedia

Kucing ini memiliki warna atau pola beragam, tapi secara umum, rata-rata mereka seragam dalam bulu, yang panjang dan berlapis ganda. Telinga NFC berumbai hingga terlihat seperti penutup telinga. Demikian pula dengan kakinya, yang tampak seperti bersepatu bot. Bulu-bulu panjang tersebut memang membantu mereka melawan dingin dan cuaca berhujan di kawasan Skandinavia.   

Baca juga: Kucing Penyebab Kemandulan?

Muasal NFC tak diketahui secara pasti. Ada yang mengatakan, nenek moyang mereka kemungkinannya adalah kucing berbulu pendek hitam-putih yang dibawa bangsa Viking dari Britania Raya dalam perjalanan mereka ke berbagai wilayah. Kucing-kucing itu dimanfaatkan sebagai pengusir tikus di kapal. Kisah lain menyebutkan, NFC adalah keturunan dari kucing berbulu panjang yang dibawa oleh Tentara Salib ke Skandinavia. Yang diketahui kemudian adalah bahwa si kucing ini awalnya memiliki habitat di hutan. Mereka berkembang biak dengan kucing domestik dan kucing hutan lainnya. Dalam kurun waktu bertahun-tahun tersebut mereka berevolusi menjadi kucing besar berbulu lebat seperti yang dikenal saat ini. 

Bicara tentang NFC ternyata juga bersinggungan dengan mitos. Alkisah, adalah seekor kucing hutan penghuni gunung yang dijuluki Skogkatt. Kucing ini berukuran besar, berbulu panjang, dengan kemampuan prima dalam memanjat tebing terjal. Skogkatt dicintai oleh dewi cinta dan kecantikan bangsa Norse, Freya. Legenda menyebutkan, saat pergi berperang, Freya menaiki kereta yang ditarik oleh kucing-kucing. Legenda juga menyebutkan, Skogkatt merupakan penyamaran Thor yang kalah saat menghadapi dewa Jormungand yang licik. 

NFC tidak takut air. Pada umumnya kucing tidak menyukai air. Mereka sudah terbiasa melindungi diri dari udara digin dan hujan dengan bulunya yang berlapis ganda. Mereka tidak takut air, bahkan senang mandi dan berenang. 

Lysine murni dapat dibelanja di Shopee

Suara eongan NFC lirih. Berbanding terbalik dengan ukuran tubuhnya yang besar, NFC memiliki suara yang kecil. Tapi, meski berbadan besar pula, NFC gemar memanjat. Bukan hanya gemar, kucing Norwegian Forest ini dpat dikatakan sangat andal. Saat berada dalam habitatnya di hutan dan pegunungan, mereka biasa bertengger di pepohonan dan ketinggian bebatuan curam. Hal ini dimungkinkan oleh cakarnya yang memang lebih panjang dari kucing pada umumnya. Selain lebih mudah memanjat, cakar panjang itu memungkinkan mereka berjalan di atas salju tanpa tenggelam. 

NFC nyaris mengalami kepunahan. Selama Perang Dunia II, NFC sulit ditemukan. Diduga karena mereka melakukan kawin silang dengan kucing jenis lain. Pasca perang, mulai diupayakan pengembangbiakan NFC secara resmi untuk menjaga keberlangsungan garis keturunan kucing ini. 

Baca juga: Kucha dan Perawatan Pasca Steril

Pada 1977, Fédération Internationale Féline mengakui secara resmi ras NFC. Dua tahun kemudian, kucing Norwegia Forest yang pertama mulai dikembangkan di benua Amerika. Raja Olaf Kelima menetapkan Norwegian Forest Cat sebagai kucing nasional Norwegia. 

Setelah berkenalan, lantas tergoda untuk memiliki Norwegian Forest Cat? Coba cek-cek deh, ke kenalan cattery, bagaimana cara mengadopsi kucing cakep ini. 


No comments