Tombili, Kucing Kesayangan Turki dan Patungnya

Siapa tak kenal dengan kucing gendut warna putih-abu tabby yang tengah bersandar santai itu? Bagi yang sering berselancar di dunia maya, ngepoin kucing-kucing dunia, sudah pasti tak asing lagi dengan kucing Turki bernama Tombili ini.


Baca juga: Maru, Si Kucing Bulat dari Jepang

Yup, namanya Tombili. Sosoknya dikenal karena foto dari traveller yang berkunjung ke Kadıköy, Istambul, Turki. Dalam foto tersebut tampak Tombili tengah bersandar dengan satu kaki, seolah bapak-bapak yang tengah bersantai. Foto tersebut viral, dan dimodifikasi menjadi macam-macam meme. Bisa ditemukan di situs humor seperti 9GAG dan Reddit.

Pada 1 Agustus 2016 Tombili meninggal. Warga yang mencintainya membuat pengumuman dalam versinya masing-masing. Baik yang ditempel di lokasi Tombili diambil fotonya, maupun di akun media sosialnya masing-masing. Tombili dikabarkan berjuang selama sebulan karena sakitnya, sebelum akhirnya pergi. 


Baca juga: Gli yang Berpulang dan Sejarah Panjang Hagia Sofia

"Kamu akan selalu hidup di hati kami. Maskot jalanan kita, Tombili yang sangat kita cintai, akhirnya harus menutup mata untuk selamanya pada 1 Agustus, setelah sebulan lebih berjuang untuk hidup." Demikian antara lain kabar yang dibagikan warga Istambul. 

klik foto untuk mengikuti cerita keluarga Rumah Ronin

Pada bulan Oktober, warga mendorong Pemerintah Kota Istanbul untuk membuat patung Tombili sebagai kenangan dari kucing yang mereka cintai itu. Dukungan dalam bentuk petisi berhasil ditandangani hingga 17.000 orang. Permintaan itu disambut baik Pemerintah Kota yang membuat patung Tombili dari bahan perunggu. Posenya dibuat persis dengan gaya duduk Tombili yang viral mendunia. Patung Tombili diresmikan pada Selasa, 4 Oktober 2016 persis pada perayaan Hari Satwa Sedunia, oleh Wakil Walikota Kadıköy, BaÅŸar NecipoÄŸlu. 

Baca juga: Kucing dan Satwa yang Menjadi Kesayangan

Nah, si patung ini ternyata sempat hilang lho!

Patung Tombili dicuri. Hilangnya sosok ikonik ini bahkan mengundang perhatian Kedutaan Rusia di Turki. Dalam akun twitternya, mereka mengatakan "Kabar bahwa kucing legendaris patung Tombili di Kadiköy telah dicuri bergema sangat di Rusia. Rusia juga tidak nyaman dengan situasi ini." 

Sejumlah pejabat dan tokoh publik juga banyak yang mengomentari peristiwa pencurian tersebut.

Tak tersebutkan prosesnya, tapi patung Tombili sudah berhasil ditemukan dan menghiasi trotoar Kadıköy, Istambul.


No comments