Bagaimana Cara Tepat Memotong Kuku Kucing?

Penginnya memotong kuku kucing biar rapi. Yang terjadi malah berantem, hihi. Cat pawrents kalau nggak kena cakar, ya, kena gigit. Jadi, bagaimana cara tepat memotong kuku kucing?



Baca juga: Mengapa Kucing Suka Menjulurkan Lidahnya?

Memotong kuku kucing seringkali menjadi hal yang dihindari cat pawrents. Bahkan banyak yang memilih menyerahkan perawatan potong kuku sekaligus grooming ke pet shop atau jasa grooming lainnya. Karena kalau tidak, bisa jadi cat pawrents melulu kena cakar. Atau perabot di rumah rusak untuk asah kuku. Jadi bagaimana cara memotong kuku kucing? 

Lysine murni bisa dibelanja di Tokopedia

Rata-rata kuku kucing akan memanjang 2 hingga 4 minggu, tergantung umur dan aktivitas kucing. Pada kucing muda dengan tingkat keaktifan yang tinggi biasanya tumpul lebih lama, misalnya bisa bertahan sebulanan. Sedangkan kucing yang lebih berumur akan lebih cepat memanjang dan runcing. Selain lamanya waktu, tanda kucing harus segera dipotong kukunya adalah ketika mereka sibuk mengasah kuku. Atau secara fisik terlihat kuku sudah panjang dengan lengkungan tajam.  

Baca juga: Kucing Dijadikan Modus Penipuan

Memotong kuku kucing sebetulnya bisa menggunakan gunting apa saja. Tapi jika memungkinkan, pilih gunting kuku khusus untuk kucing dengan struktur yang memang dibuat nyaman untuk kucing. Pastikan juga tingkat ketajamannya. Berikutnya menempatkan kucing dalam posisi yang nyaman, di antaranya:

  • Menempatkan kucing dalam posisi berbaring. Akan lebih baik jika kucing benar-benar dalam kondisi tidur. 
  • Mendudukkan kucing di pangkuan dengan posisi menghadap ke depan. Posisi ini mengurangi risiko kita kena cakar. 

Collar katun bisa dibelanja di Shopee


Langkah berikutnya adalah proses pengguntingan.

  • Pegang tangan/kaki kucing, tekan dengan lembut bagian tengah bantalannya agar cakarnya keluar. 
  • Posisikan gunting tegak lurus dengan kuku. Potong di bagian kuku yang melengkung. 
  • Potong perlahan. 

Jika pemotongan dilakukan dilakukan dengan tepat, tidak ada kucing yang tersakiti. Namun, bisa jadi karena kondisi buru-buru, atau kucing berontak. Gunting mengenai bagian dalam kuku kucing, yang berwarna pink, dan terdapat aliran darah. Maka perlu disiapkan obat luka untuk mengantisipasi kejadian serupa. 

Baca juga: Rumah Ronin Produksi Book Sleeve, lo, Dibelanja, yuk!

Kalau pendarahan berlanjut, bawa ke dokter ya, cat pawrents. Semoga dengan mengetahui cara tepat memotong kuku kucing, tak lagi terjadi kecelakaan seperti itu.


No comments