Mengapa Kucing Menjulurkan Lidahnya?

Sering menjumpai kucing yang tengah lelap tidur tiba-tiba menjulurkan lidahnya? Kadang cat pawrents suka menjahilin kucingnya saat kondisi ini. Mungkin karena kucingnya terlihat menggemaskan. Tapi sebetulnya mengapa, sih, kucing sering menjulurkan lidahnya?


Baca juga: Yang Perlu Diketahui Saat Kucing Bersin

Yang lebih sering kita jumpai menjulurkan lidah sebetulnya adalah anjing. Hampir sepanjang waktu anjing mengeluarkan lidahnya yang panjang. Ini yang membedakan dengan kucing. Kucing hanya menjulurkan sebagian kecil lidahnya saja. Dan mulutnya dalam kondisi tertutup. Itu terjadi saat mereka usai menjilat, baik bulunya sendiri maupun bulu teman atau saudara-saudaranya. Bahkan setelah menjilat manusianya. 


Jadi, mengapa kucing menjulurkan lidahnya?

Pada kondisi umum, kucing menjulurkan lidahnya itu hal yang wajar. Kucing melakukannya saat ada makanan yang terselip di mulutnya. Lidah kucing ingin merasakan tekstur si makanan. Begitu pula setelah menjilati bulunya, jika ada tekstur partikel tertentu yang ia rasa tertinggal di mulut, kucing akan menjulurkan lidahnya. 

Mangkok makan stainless steel


Jika ada makanan yang tersangkut di gigi, kucing juga akan melakukan hal yang sama. Kali ini tujuannya untuk mengeluarkan sisa makanan yang tersangkut tersebut. Jadi, cat pawrents bisa bantu anak bulunya untuk mengeluarkan sisa makanan itu agar kucing tak terus-menerus menjulurkan lidahnya karena kesulitan melakukannya sendiri.

Baca juga: Rumah Ronin Produksi Book Sleeve, lo! Dibelanja, yuk!

Kondisi normal lainnya adalah ketika terjadinya saat kucing tidur. Seperti yang dialami manusia, saat tidur kondisi tubuh akan rileks. Itu pula yang dialami kucing. Seluruh bagian tubuhnya santai, termasuk rahang, yang memungkinkan lidahnya menjulur.  

Yang perlu diwaspadai adalah kondisi yang tak biasa. 

Pada kondisi tertentu kucing menjulurkan lidahnya agar tidak merasakan sakit. Bisa jadi ada luka di gusinya. Atau ada infeksi yang menyebabkan terjadinya radang pada bagian tertentu di mulut. Faktor usia juga menjadi penyebab kucing menjulurkan lidahnya. Terutama kalau kucing terserang demensia. Salah satu tanda penyakit pada kucing berumur ini salah satunya adalah tidak dapat mengontrol lidahnya. 

Hammock produksi Rumah Ronin


Beberapa gejala di atas kami kumpulkan dari beberapa sumber referensi. Tak lantas kita bebas mendiagnosis, ya! Itu sebagai gambaran umum saja. Untuk diagnosis lebih jelas, periksakan kucingnya ke dokter hewan jika mendapati gejala yang tak wajar terkait kebiasaan mereka menjulurkan lidahnya. 

Baca juga: Kucing Dijadikan Modus Penipuan di Hongkong

No comments