Yang Perlu Diketahui Saat Kucing Bersin Tanpa Henti

Kucing yang mendadak bersin-bersin, pasti bikin bingung para cat pawrents. Terlebih pada saat musim sedang berubah-ubah tak menentu, ada kekhawatiran mereka akan mengalami sakit yang parah. Setidaknya ada empat hal yang perlu diketahui mengapa kucing bersin tanpa henti.



Baca juga: Mengapa Induk Kucing Suka Memindahkan Anaknya

Pada manusia, ada mekanisme tubuh yang menyebabkan kita bersin saat ada pencetusnya. Tak melulu karena penyakit tertentu. Begitu pula yang terjadi pada kucing. Hanya, kalau terjadi peruanga, bersin terus tanpa henti, memang perlu diwaspadai. 


Apa saja penyebab kucing bersin tanpa henti?


Pencetus alergi

Seperti halnya manusia, ada sejumlah pencetus alergi yang menyebabkan kucing bersin-bersin. Di antaranya adalah debu, parfum dan wewangian, asap rokok, dll. Pada kondisi parah, alergen ini dapat menyebabkan kucing mengalami sesak napas. Penanggulannya adalah dengan menghilangkan pencetus alergi tersebut.



Penyumbatan di hidung

Bersin pada kucing yang terus menerus dapat disebabkan oleh adanya sumbatan di dalam hidung. Bisa jadi ada partikel tertentu seperti biji bunga, jejak tanaman lain yang mereka endus, atau ada makhluk seperti kutu dan tungau. Cermati lokasi mereka mengalami bersin-bersin. 

Baca juga: Tips Memilih Hammock untuk Kucing

Infeksi Saluran Napas Atas (ISPA)

Bersin pada kucing bisa jadi adalah gejala gangguan kesehatan. Kemungkinan besarnya adanya radang akibat infeksi di saluran napas. Infeksi tersebut bisa disebabkan oleh virus yang menyerang saluran napas bagian atas, di bagian mulut, hidung, tenggorokan kucing. ISPA ringan dapat sembuh sendiri, dengan dibantu makanan yang sehat, serta vitamin dan suplemen untuk kucing. Namun jika bersin-bersin berlangsung lebih dari seminngu, apalagi jika ada serangan bakteri yang ditandai dengan lendir berwarna hijau, segera bawa anabulnya ke dokter hewan. 



Pasca dilakukan vaksinasi

Dampak vaksin terhadap kucing berbeda-beda. Seperti halnya yang terjadi pada manusia, ada kucing yang pasca mendapatkan vaksin diserang bersin dan batuk ringan. Jika ini yang terjadi, bisa jadi hanya efek samping dari vaksin. Pastikan saja kondisinya tak bertambah buruk. 

Baca juga: Gempa Turki dan Upaya Penyelamatan

So, kucing sekadar bersin-bersin tanpa henti bisa jadi bukan disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius. Tapi, tetap waspada, ya, cat pawrents, karena sangat mungkin pula bersin itu sebagai gejala awal penyakit lainnya. 


No comments