Gempa Turki dan Upaya Penyelamatan Kucing dan Anjing

Gempa berkekuatan besar mengguncang Turki pada Senin (6/2) lalu waktu setempat. Fakta menyebutkan, gempa pertama berkekuatan magnitudo 7,8, yang diikuti oleh 40 gempa susulan. Akibatnya, ribuan orang tewas. Kabar memilukan tersebut mengundang simpati dan kekhawatiran warga dunia, termasuk para penyayang binatang. Bagaimana dengan kucing dan anjing di Turki pasca gempa?



Baca juga: Posisi Tidur Kucing yang Perlu Diwaspadai

Seperti kita tahu, Turki bersahabat dengan binatang liar. Hampir semua warganya terlihat peduli dengan keberadaan mereka. Bahkan pemerintah pun memiliki kebijakan khusus terkait buat kucing dan anjing di negera tersebut. 

Tak heran, selain upaya penyelamatan manusia, regu penyelamat yang diturunkan ke lapangan pun melakukan evakuasi binatang liar yang mereka temukan masih dalam keadaan hidup dan terjebak di puing-puing bangunan. Salah satu yang beredar viral adalah seekor kucing putih yang tertimbun reruntuhan Galeria Mal. 

Baca juga: Tips Memilih Hammock untuk Kucing

Kucing putih  berhasil dievakuasi oleh regu penyelamat Kota Diyarbakir. Tak ditemukan luka di tubuh kucing, hanya basah saja sekujur tubuhnya. Gambaran evakuasi kucing tersebut dibagikan oleh seorang aktivis HAM asal Palestina, Abier Khatib. Dalam unggahannya di akun twitternya tersebut, petugas terlihat memeluk si kucing yang terperangkap cukup lama di bawah tanah tersebut. 


Selain kucing putih tersebut, banyak kucing lain yang berhasil diselamatkan, meski tak terhitung pula yang tewas dalam peristiwa naas tersebut. Semoga masih banyak yang bertahan hidup ya, baik manusia maupun binatang-binatang di Turki ini, meski cuaca dingin negara ini mengkhawatirkan. 

Baca juga: Bhumi, Kucing Pemilik Petshop Banjarmasin

No comments