Gratis Terbang dengan Syarat Adopsi Kucing

Ada saja cara orang berpromosi. Bukan sekadar pemberikan potongan harga atau diskon, atau bonus produk ini dan itu, bahkan melibatkan makhluk hidup bernama kucing. Kucingnya diperjualbelikan? Bukaaan! Kucingnya harus diadopsi! Nah, seru kan? Promo ini ditawarkan maskapai bujet Amerika Serikat (AS), Frontier Airlines, yang akan memberikan tiket penerbangan gratis dengan syarat calon penumpang harus mengadopsi kucing.


Baca juga: Bagaimana Kucing Mengenali Manusianya

Alkisah, ada tiga kucing yang dinamai Frontier, Spirit, dan Delta, penghuni baru sebuah tempat penampungan hewan di Nevada, Animal Foundation of Las Vegas. Persisnya, Frontier Airlines menyediakan tiket penerbangan gratis, masing-masing dua buah bagi pengadopsi Delta dan Spirit, dan dan empat tiket bagi yang mengadopsi Frontier. Seperti dikabarkan New York Post, Selasa, 3 Januari 2023, semua voucher telah dikirimkan ke Animal Foundation. Namun masih harus menunggu waktu, mengingat kucing-kucing masih terlalu muda untuk diadospi. Kemungkinannya baru bisa diadopsi sebulan kemudian.  

                                                                           Collar kain di Lapak RumahRonin

Sebetulnya, program yang melibatkan hewan ini bukan hal baru dalam bisnis penerbangan. Qatar Airways pun sudah melakukannya. 

Pada 2021, Qatar Airways terlibat dalam upaya pemulangan satwa liar ke habitatnya, tanpa memungut biaya sepeser pun. Program WeQare bertajuk "Rewild the Planet" dimaksudkan sebagai kepedulian Qatar Airways untuk ikut melestarikan satwa liar dan yang terancam punah. 

Baca juga: Onye dan Cicin Menuju 6 Tahun

CEO Qatar Airways Cargo, Guillaume Halleux, seperti dikutip Simple Flying mengatakan, hewan-hewan liar dan langka itu memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekologi, yakni memastikan eksistensi dan menstabilkan lingkungan. Sedikitnya, maskapai penerbangan yang berbasis di Doha ini berkomitmen untuk menyediakan transportasi gratis. 

Bahkan menurut mereka, sudah seharusnya tak ada maskapai yang menyediakan tempat bagi hewan hewan dilindungi untuk diperjualbelikan. Terlebih sejak dilakukannya deklarasi di Istana Buckingham pada 2016. 


                                                                       Lysine murni di Lapak RumahRonin

Halleux meyakini, aksi Qatar Airways ini bakal memberikan efek domino yang positif dan menginspirasi orang-orang untuk memasukkan aspek keberlanjutan terutama terkait lingkungan ke dalam agenda mereka. Program maskapai ini dalam mengembalikan satwa dilindungi ke habitatnya sejalan dengan komitmen mereka dalam memberantas perdagangan ilegal satwa liar. 

Baca juga: Kucing Hitam dan Mitos-mitosnya

Untuk masa mendatang, konon Qatar Airways telah merencanakan program lain sebagai dukungan terhadap program WeQare. Pemberian tiket terbang gratis dengan syarat adopsi kucing hanya bagian kecil dari program maskapai yang berkomitmen menjadi industri kargo udara yang bertanggung jawab secara sosial dan berkelanjutan.


2 comments

  1. Baguuus sih konsepnya. Apalagi yg mengadopsi kucing. Walopun aku agak ragu kalo ditetapin di Indonesia 😅. Kuatirnya orang yg nerima voucher ga beneran mau merawat. Cuma supaya dpt voucher ya aja, kekuatiran ku doang sih, semoga ga Yaa. Tapi biasanya orang2 di LN sana memang lebih care terhadap hewan.

    Aku sendiri pasti mau merawat kalo ada promosi begitu 🤣.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener ya. kalau di sini, mesti ada mekanisme pengecekan berkala. kebayang ribetnya hehe

      Delete