Kucing Hitam dan Mitos-mitosnya

Kucing hitam, pembawa keberuntungan ataukah petaka? Mana yang lebih Anda percaya? 



Di Indonesia banyak sekali mitos yang beredar tentang kucing hitam. Misalnya, jika kita berpapasan atau ada kucing hitam melintas saat kita di jalan, konon usaha yang tengah kita garap di hari itu akan sia-sia. Atau jika tanpa sengaja menabrak kucing hitam tanpa langsung menguburkannya, kita akan mengalami kesialan panjang. Yang horor, kalau ada kucing hitam melangkahi jenazah, sang jenazah konon akan bangkit karena dirasuki roh jahat yang dibawa si kucing. Horor kan? 💀


Baca juga: Gempa Turki, Seekor Kucing Selamat Berkat Bantuan Anjing


Tak hanya di Indonesia, mitos tentang kucing hitam dipercaya di banyak negara.

1. Tiongkok

Di Tiongkok, masyarakat percaya mitos yang menyebutkan jika dalam perjalanan bertemu kucing hitam, akan menjumpai kesialan. Masyarakat Tiongkok percaya, kemunculan kucing hitam dapat mendatangkan penyakit dan kemiskinan.

2. India

Mitos yang dipercaya masyarakat negeri ini sangat brutal dan mendatangkan protes para pecinta kucing. Pasalnya mereka percaya jiwa reinkarnasi dapat mengalami pembebeasan dengan melemparkan kucing hitam ke dalam api. 

3. Mesir

Banyak masyarakat Mesir yang meyakini kucing hitam sebagai perwujudan dari Dewi Bast atau Dewa Matahari.

4. Rusia

Banyak warga Rusia yang mengikuti saran: berjalan berbalik arah sambil memegang kancing pakaian agar terhindar dari kesialan. Itu tips ketika di jalan berjumpa dengan kucing hitam. 

5. Amerika Serikat

Ada sebuah survei yang dilakukan Journal of Applied Animal Welfare perihal kucing hitam ini. Hasilnya menyebutkan, 13 persen warga Amerika Serikat percaya nasib buruk bakal menimpa mereka yang melihat kucing hitam di persimpangan.

6. Jerman dan Italia

Masyarakat kedua negara ini, disebut-sebut percaya kehadiran kucing di sekitar orang sakit menjadi pertanda bahwa kematian sudah dekat. 


Baca juga: Fufang, Bantu Kucing Kembali Sehat


Kalau pada negara-negara di atas mitos cenderung negatif, di Inggris dan Jepang sebaliknya.

Di Inggris, konon memberikan hadiah kucing hitam bagi pasangan pengantin baru akan membawa banyak keberuntungan pada sepanjang pernikahan mereka. Sementara di Jepang, kucing hitam justru diyakini sebagai pembawa keberuntungan. Selain itu bahkan dianggap dapat mengusir aneka energi negatif. 

Bagi para pecinta kucing, tampaknya kucing hitam atau kucing warna lain tak ada bedanya. Hanya soal warna. Meski demikian mitos sepertinya juga tak bakal hilang begitu saja, karena dipelihara di tengah masyarakat. Bahkan dilibatkan dalam cerita-cerita, baik di buku maupun film. Tak sedikit kucing hitam menjadi bagian dari tema cerita ilmu sihir, tentang kematian dan petaka, atau hal-hal mistik dan klenik lainnya. 

Baca juga: Rambo, Kucing Baru di Parkiran Kompas

Untuk semua kucing hitam di dunia, sehat-sehat ya.. Salam dari Demian, kucing hitam van Rumah Ronin. Ini foto waktu lukanya masih belum sembuh. Kapan-kapan diceritain pengalaman sakitnya Demian ya..


No comments