Apa Bedanya Kucing Russian Blue dan British Shorthair?

Banyak orang yang salah mengira kucing Russian Blue sebagai British Shorthair, dan sebaliknya. Masing-masing memang memiliki warna nyaris serupa, biru keabuan. Atau abu kebiruan? Jadi, apa bedanya Kucing Russian Blue dan British Shorthair?



Baca juga: Bagaimana Kucing Mengenali Manusianya?

Baik Russian Blue maupun British Shorthair menjadi favorit pecinta kucing dunia. Selain penampilannya yang cantik dan menggemaskan, ada prestige tersendiri, mengingat harganya yang muahal.

Nah, sekadar pengetahuan, berikut beberapa perbedaan utama dari Russian Blue (RB) dan British Shorthair (BSH). 


Penampilan

Tubuh British Shorthair terlihat berisi dan berotot. Terlihat atletis. Sebaliknya, Russian Blue lebih langsing. Saat dewasa, jantan BSH dapat mencapai berat 6 hingga 9 kilogram, dan betinanya 4 hingga 6 kilogram. Sedangkan jantan RB dewasa memiliki berat 4,5 hingga 6 kilogram, dan betinanya 3,5 hingga 4,5 kilogram. Panjang tubuh RB bisa mencapai hingga 70 sentimeter. 

Dari sisi bulu, British Shorthair lebih kasar yang lebih padat. Sedangkan Russian Blue terasa tebal, empuk, dan halus. Sebetulnya yang terasa sulit membedakan itu hanya BSH warna biru keabuan. Karena BSH sendiri memiliki varian warna lain yakni biru, putih, krem, dan cokelat.

BSH memiliki ekor yang tebal dengan ujung tumpul. Ekor RB, seperti halnya tubuhnya, lebih langsing. Untuk wajah, BSH lebih bulat dan terlihat tembem. Sedangkan wajah Russian Blue lebih tirus.

Yang cukup mencolok adalah mata. Sebetulnya dengan melihat langsung mata, dapat terlihat bedanya. Mata BSH berwarna kuning. Saat kecil, matanya berwarna mata biru yang lalu berubah menguning keemasan. Sementara Russian Blue memiliki mata berwarna hijau. 

Baca juga: Merawat Bayi Kucing Tapa Induk


Karakter

Baik British Shorthair maupun Russian Blue sama-sama pendiam. Bedanya, RB lebih santai jika dibandingkan dengan BSH. Malah, BSH lebih banyak mengeong. Tapi, urusan bermain, RB lebih aktif. Bahkan RB suka sekali memanjat. 

Kedua ras kucing ini memiliki cara sendiri dalam bermanja-manja dengan manusianya. Mengutip laman My British Shorthair, meski manja, BSH relatif mandiri. Ia lebih sanggup bertahan dibandingkan RB.

Nah, dari keduanya, mana yang lebih bersahabat? BSH dikatakan lebih ramah kepada anak-anak dan hewan jenis lain atau kucing lain di lokasi yang sama. BSH akan cenderung menghindar jika berada dalam kondisi yang tak disukainya. Ia tak akan defensif atau menyerang. RB tak sesabar BSH. Namun bukan berarti tak dapat dijadikan teman anak-anak. Hanya diperlukan pengawasan saja. 


Kesehatan

Tercatat, panjang usia British Shorthair dan Russian Blue hingga dua dekade jika terus bertahan dalam kondisi sehat. Masalah kesehatan yang berpotensi menyerang keduanya adalah obesitas. 

Yang perlu diwaspadai, terutama bagi BSH adalah penyakit turunan seperti Hypertrophic cardiomyopathy (HCM) atau Hemofilia B. HCM merupakan kasus pembengkakan jantung pada kucing. Sedangkan hemofilia, seperti halnya kasus manusia, menyebabkan sulitnya pembekuan darah jika kucing mengalami luka. 

Baca juga: Kucing Kaput dan Bahaya Karet Gelang

Nah, itu dia perbedaan kucing Russian Blue dan British Shorthair yang selama ini dianggap mirip. Jika berniat memelihara, pastikan kalian menyediakan lingkungan yang nyaman buat mereka. 

No comments