Minnie, Kucing Manipulatif dari Nottinghamshire

By dhenok hastuti - April 28, 2020

 


Dalam sebuah sesi bersama seorang animal communicator, saya bertanya: Mungkinkah kucing membuat jawaban yang berbeda dengan tujuan tertentu? Dalam arti dia sedang melakukan manipulasi? Jawabnya saat itu adalah ‘tidak’, karena kucing biasanya jujur. Tapiiiii..rasa-rasanya, kucing ada yang suka melakukan manipulasi lho..pernah mengamat kucing di rumah ga? Mereka melakukan tindakan manipulatif dari level sederhana sampai canggih. Seperti yang dilakukan kucing di Inggris ini. 


Namanya Minnie. Konon ini kucing tabby cukup dikenal warga sekitar dan pengunjung supermarket Co-op di Netherfield, Nottinghamshire. 


Minnie bukan kucing liar. Dia dipelihara oleh Andrea Blower, yang rumahnya berjarak semenit perjalanan kaki dari supermaket tersebut. Minnie punya saudara, Dasy. Saat cerita ini dibagikan (2019), mereka berusia 4 tahun. Di rumahnya, Minnie tak kekurangan. Tapi sepertinya dia menemukan kepuasan tersendiri berhasil menarik perhatian pengunjung supermaket. 
 

Salah satu pengunjung supermaket, Caroline James, bahkan sengaja datang tiap hari hanya untuk belanja makanan buat Minnie. Bukan hanya James, pengunjung lain banyak yang melakukan hal serupa. Tak heran kalau produk makanan kucing di supermaket ini laris manis. James mengaku sangat menyukai Minnie meski ia sendiri memiliki 4 kucing di rumah. Menurut James, Minnie pernah mengikutinya menyeberang ke kantor pos. Dan dia menggunakan zebra cross terdekat.


"Saya pikir dia lebih cerdas daripada yang kita pikirkan mengenainya," ungkap James.

 

Bukan sekali dua lho sang pemilik, Blower, menahan Minnie agar tak keluar rumah. Di awal-awal, Blower bisa membawa Minnie pulang hingga delapan kali sehari. Sering juga ia mengunci kucingnya itu dari semua akses keluar. Suatu kali bahkan nyaris celaka karena memaksakan diri melompat dari jendela. Akhirnya Blower menyerah. Yang dilakukan Blower kemudian adalah meminta supermaket melarang pengunjungnya memberi makan. Berharap dengan begitu si kucing tak lagi nongkrong di supermaket.


Staf supermarket sudah melakukannya. Mereka membuatkan Minnie tempat tidur di luar pintu masuk dan tak membiarkan Minnie menyelinap masuk ke dalam toko. Mereka juga memasang pengumuman larangan memberi makan. Apakah berhasil? Sepertinya tidak! Menurut pengawas toko, Jenny Winfield pengunjung sudah kadung suka dengan Minnie. Dan banyak yang datang ke toko hanya untuk melihat Minnie. Bahkan menurutnya pemimpin dewan kota, kalau datang ke toko selalu menyempatkan diri untuk membelai dan memanjakan Minnie.

 Beruntungnya kamu, Nak.. 

sumber: BBC Indonesia

  • Share:

You Might Also Like

0 comments