Mozza, Kucing Kesayangan Pak Topo

By dhenok hastuti - July 09, 2019





Seiring munculnya kabar Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho yang tutup usia, nama kucing ini menjadi pembicaraan. Mozza. Ya, itu adalah nama kucing kesayangan Pak Topo. Makhluk yang disebut Pak Topo sebagai manis, manja, dan lucu.

Bagi yang menjadi follower Pak Topo di Twitter atau Instagram, sebetulnya tak asing dengan sosok berbulu abu-putih ini. Mozza telah menjadi bagian cerita sehari-hari Pak Topo. Lewat cerita-cerita pendeknya di medsos, Pak Topo menunjukkan betapa Mozza telah memberikan banyak penghiburan. Ia membagikannya dalam penggalan cerita yang lucu di IG (09/12/2018). “Hujan-hujan main sama kucing di rumah. Seharian ngajak main mulu dan tidur. Diajari antisipasi gempa kucingnya nggak ngerti blas. Siapa yang suka kucing? Kamu beri nama siapa kucingmu? Awas, jangan ngasih nama Sutopo. Bahaya. Bisa bikin bencana hehe…” 

Instagram Pak Topo

Pak Topo sendiri mengaku bukan penyuka kucing. Awalnya. "Dulu saya tidak suka sama kucing. Bulunya sering kemana-mana. Entah mengapa sejak divonis sakit, saya menjadi suka. Apalagi Mozza pun selalu mendekat dan sepertinya ingin menghibur saya," cuitnya suatu kali. Setelah divonis menderita kanker, Pak Topo makin merasa sayang pada Mozza. Terlebih si meong menunjukkan sikap seolah mengerti sakit yang dialami sang bapak. Tiap pulang ke rumah, baik dari kantor atau dari mana pun, Mozza akan menghadang di pintu. Ia menagih untuk digendong dan dielus. Kalau tidak, Mozza akan terus mengikuti. Saat Pak Topo sedang diserang oleh penyakitnya, Mozza akan makin mendekati, duduk dan tiduran di sebelahnya. 

Meski terbilang belum terlalu lama berinteraksi dengan kucing, tampaknya Pak Topo bisa menjalin komunikasi yang baik dengan Mozza. Seperti diceritakannya di IG, saat baru kembali dari melakukan kemoterapi (14/03/2019). Pak Topo memasuki rumah sambil bersiul, semata untuk mengalihkan sakit yang dirasanya. “Saat aku bersiul, segera penasaran cari sumber bunyi siulan. Jika dia bisa ngomong pasti akan bilang: Pulang dari kemo kok malah siul-siul? Bukannya kemo itu menyakitkan? Pasca kemo akan mual, muntah, tubuh rasanya sakit semua, tak ada nafsu makan dan banyak efeknya. Tapi Pak Topo kok malah siul-siul?”  

Bukan hanya bersiul, Pak Topo sering melewatkan hari santainya dengan menyanyi bersama Mozza. Dari video yang dibagikan di IG, tampaknya Mozza cukup mengapresiasi alunan suara bapaknya. Kini Mozza tak lagi bisa menikmati saat-saat bahagia bersama sang bapak. Semoga Mozza terus sehat bersama anggota keluarga yang lain ya..

Seperti diberitakan media, Pak Topo menghembuskan nafas terakhirnya saat menjalani perawatan di rumah sakit Guangzhou, China, pada Minggu (07/07) jam 2 pagi waktu setempat atau jam 1 dini hari WIB. Saat berpamitan untuk melakukan pengobatan ke Guangzhou, netizen menggemakan #DoaBuatSutopo sebagai dukungan semangat. Sutopo dikenal dan disayang netizen karena banyak berbagi informasi kebencanaan melalui media dan media sosial. Menularkan semangat kepada para penyintas kanker, meski ia sendiri menghadapi kanker paru stadium empat. Vonis yang disampaikan dokter pada Januari 2018 itu sempat mengagetkannya, karena menurutnya ia selalu mengonsumsi makanan sehat dan tak merokok. Pada akhirnya Pak Topo menerima dengan lapang dada dan terus menjalankan tanggungjawabnya sebagai 'juru bicara' BNPB. Hingga ia kembali kepada Sang Khalik. 

Selamat jalan, Pak Topo. Terimakasih sudah berbagi cinta untuk Mozza...


  • Share:

You Might Also Like

0 comments